Berita Berita Dekenat

Gereja Katolik Indonesia

Apa itu gereja Katolik Indonesia ? Apa bedanya dengan gereja Katolik di Indonesia ?

Pada pertemuan para ketua lingkungan sedekenat timur, sabtu (14/03/2020) Uskup Agung Jakarta, Kardinal Suharyo menjelaskan tentang gereja Katolik Indonesia.

Gereja Katolik di Indonesia adalah bagian dari gereja Katolik Roma ritus Latin sehingga kita adalah anggota gereja katolik Roma yang tinggal di Indonesia.

Gereja Katolik Indonesia mempunyai kekhasannya sendiri yaitu mempunya prefasi (bagian dari liturgi perjamuan kudus) yang tidak terdapat di gereja-gereja manapun di dunia. Prefasi tersebut adalah prefasi tanah air yaitu ucapan syukur atas karya agung Tuhan berupa sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang dimulai sejak berdirinya Budi Oetomo di tahun 1908 dengan diikrarkannya Sumpah Pemuda. Bahwa sidang I Sumpah Pemuda dilaksanakan di Aula Katedral, Jakarta. Hal tersebut menggambarkan keterlibatan umat Katolik sebagai bangsa Indonesia.

Jauh setelahnya, yaitu pada tahun 1946 Mgr Sugiyopranoto mengirimkan surat ke Vatikan yang mendesak agar Vatikan secepatnya mengakui kemerdekaan Indonesia dan pada tahun 1947 datanglah delegasi dari Vatikan dan mendirikan kedutaan pertama di Indonesia.

Indonesia juga mempunya pahlawan-pahlawan nasional yang berlatar belakang iman katolik diantaranya Mgr Sugijapranata. SJ, Ign Kasimo Hendrowahyono, Brigjend Slamet Riyadi, Agustinus Adi Sucipto, Yosaphat Sudarso dan Karel Satsuit Tubun. Mereka memberi warna kepada gereja Katolik Indonesia.

Yang sangat menentukan dalam membangun gereja Katolik yang semakin Indonesia adalah dengan adanya ketua-ketua lingkungan.

Saat ini kita memikul tanggungjawab yang sudah dimulai sejak periode-periode awal dan salah satu bentuknya adalah dengan mengamalkan Pancasila. Hal ini agar gereja Katolik tidak mandeg, tidak berhenti dan tidan menjadi beku dan tetap menjadi gereja yang hidup