Berita Paroki

Daun Bangun-Bangun Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa di antara kita yang pernah mendengar atau mengenal Daun Bangun-bangun? Mungkin tidak terlalu banyak yang mengenal tanaman ini, yang juga memiliki sebutan lain, yaitu Daun Jintan. Namun tanaman ini nampaknya cukup dikenal oleh masyarakat Sumatera Utara, karena sering dikonsumsi oleh kaum ibu yang baru selesai melahirkan. Dipercaya bahwa jika mereka mengonsumsi Daun Bangun-bangun, maka produksi Air Susu Ibu (ASI) akan lancar dan meningkat.

Tanaman Daun Bangun-bangun merupakan jenis tanaman perdu yang banyak tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Pohonnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1 meter lebih sedikit. Daun Bangun-bangun memiliki tulang lunak, berwarna hijau dan tepi daunnya bergerigi.

Berbagai manfaat bagi kesehatan terkandung dalam tanaman herba yang memiliki nama latin Coleus amboinicus Lour ini. Hal itu diperbincangkan dalam acara Talkshow & Workshop yang bertajuk “Membuat Olahan dari Hasil Kebun Sendiri: Sambal Matah dan Juice yang Menyehatkan”. Sebuah acara yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Dewan Pimpinan Cabang St. Anna, Wanita Katolik Republik Indonesia. Kegiatan yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Kartini ini, ditayangkan secara live streaming di kanal YouTube pada 21 April 2021, yang merupakan hasil kerja sama antara WKRI Cabang St. Anna dengan iCare Production.

Acara yang dipandu oleh Veronica Eka selaku moderator, antara lain menyajikan pembahasan mengenai berbagai khasiat Daun Bangun-bangun oleh Wilhelmina Suparmi, Ketua Bidang Pendidikan yang bertindak selaku narasumber. Beberapa khasiat Daun Bangun-bangun bagi kesehatan yang dibahas di acara tersebut antara lain adalah:

  1. Menurunkan demam

Para orang tua seringkali menemui masalah pada anak-anak balita yang mengalami demam. Daun Bangun-bangun dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam dengan cara daunnya ditumbuk dan air perasannya dapat diminum. Ampasnya masih dapat dimanfaatkan dengan cara dibalurkan pada dahi anak yang demam.

  1. Meredakan batuk

Batuk merupakan penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Daun Bangun-bangun ternyata juga memiliki khasiat untuk mengencerkan dahak.

  1. Mengatasi perut kembung

Perut yang kembung atau masalah pencernaan juga bisa diatasi dengan memanfaatkan Daun Bangun-bangun.

  1. Melancarkan peredaran darah

Masyarakat yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mencoba pengobatan alternatif non kimia, antara lain Daun Bangun-bangun.Daun ini dapat dikonsumsi sebagai lalap yang rasanya segar dingin atau dimasak tumis, berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah,dalammengatasi masalah tekanan darah tinggi.

  1. Menyembuhkan asma

Bagi para penderita asma atau mereka yang memiliki masalah pernafasan, Daun Bangun-bangun juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah penyakit tersebut.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Di masa pandemi ini orang sangat memperhatikan kondisi kesehatan dan berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang prima. Daun Bangun-bangun juga dipercaya dapat merawat sistem kekebalan tubuh.

  1. Melancarkan produksi ASI

Kaum ibu yang baru saja melahirkan akan berusaha memberikan asupan makanan yang terbaik bagi bayinya. Air Susu Ibu (ASI) adalah asupan terbaik bagi bayi yang baru lahir dan sang ibu akan lancar menghasilkan ASI bagi bayinya dengan mengonsumsi Daun Bangun-bangun.

  1. Meredakan pusing atau sakit kepala

Pemanfaatan Daun Bangun-bangun untuk meredakan pusing atau sakit kepada mirip dengan pengobatan demam, yaitu dengan cara daunnya ditumbuk dan ditempelkan pada pelipis.

  1. Meredakan sariawan

Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan dan Daun Bangun-bangun juga memiliki khasiat untuk mengobati sariawan.

  1. Mencegah peradangan dan meredakan rematik serta nyeri pada persendian

Daun Bangun-bangun dapat dimanfaatkan bagi mereka yang memiliki masalah nyeri pada persendian, atau biasa dikenal sebagai penyakit rematik. Bila gejala penyakit tersebut cukup berat dapat menimbulkan peradangan atau bengkak pada anggota tubuh gerak, seperti kaki. Juga peradangan yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat diredakan dengan menggunakan tanaman ini. Daun Bangun-bangun yang sudah ditumbuk dapat dioleskan dan ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

  1. Mengobati penyakit ayan

Mereka yang menderita penyakit ayan atau epilepsi dipercaya juga dapat diobati dengan melakukan konsumsi Daun Bangun-bangun.

Dengan mengenal berbagai khasiat dan manfaat Daun Bangun-bangun, diharapkan semakin banyak orang yang membudidayakan tanaman tersebut. Tanaman ini mudah untuk tumbuh dengan cara stek batang dan cukup disiram sekali sehari, pagi ataupun sore hari. Wilhelmina Suparmi menyarankan agar tanaman Daun Bangun-bangun mendapatkan sinar matahari dengan intensitas sedang.

Bila rutin melakukan konsumsi Daun Bangun-bangun, maka hal tersebut membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan demikian dapat dicapai kondisi kesehatan yang lebih prima untuk dapat melakukan berbagai aktivitas secara maksimal.